Strategi Facebook Marketing

Facebook, siapa yang tak kenal media sosial satu ini. Salah satu pelopor munculnya media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi informasi, baik dalam bentuk berita, gambar bahkan video. Fiturnya yang lengkap dan terus ditingkatkan membuat media sosial satu ini tak hanya digunakan sebagai media berbagi informasi saja. Banyak juga yang kemudian memanfaatkan kemudahan dan variasi fitur pada facebook sebagai salah satu media marketing. Tak jarang pula saat ini banyak orang yang membuat akun facebook yang digunakan khusus untuk ‘berjualan’. Strategi Facebook marketing sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia marketing. Jauh sebelum Instgram ada, facebook sudah menjadi media favorit untuk mempromosikan dan menjual produk bisnis seseorang atau sebuah perusahaan.

Strategi Facebook Marketing

Cara dan Strategi Facebook Marketing, Mudah dan Murah

Hal ini pulalah yang dimanfaatkan para enterpreneur muda dari Bali. Mereka memanfaatkan jaringan tak terbatas dari Facebook untuk mengenalkan karya anak bangsa hingga ke dunia Internasional. Banyak enterpreneur muda dari Bali yang kemudian namanya diperhitungkan di kancah bisnis internasional karena sukses membawa karya anak bangsa mendunia hanya dengan bantuan facebook. Strategi Facebook marketing yang diterapkan terbukti mampu mengenalkan produk dalam negeri hingga mendunia. Berikut beberapa strategi marketing dengan menggunakan Facebook yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam membuka usaha Anda sendiri.

1.    Membuat fanpage di dalam Facebook. Fanpage ini atau grup facebook ini layaknya lahan yang memberikan ruang bagi Anda untuk berbisnis. Fanpage ini adalah sebuah halaman yang memang khusus dibuat untuk memudahkan pemilik akun facebook untuk berinteraksi dengan fans atau pembeli jika Anda gunakan untuk bisnis. Manfaatkan fanpage ini untuk membangun audience. Membangun audience ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, misalnya dengan invite friends, blog integration, paid advertising bahkan kolaborasi dengan fanpage lainnya. Tujuannya tentu saja untuk membangun dan mengumpulkan audience sebanyak mungkin. Agar targetnya jelas, Anda bisa memasukkan teman yang memiliki kesamaan kesukaan atau interest. Dengan begitu fanpage Anda bisa lebih tertarget.

2.    Melakukan engagement melalui akun facebook. Hal yang paling penting dalam strategi Facebook marketing adalah melakukan engagement dengan pengikut Anda di Facebook, yang mana nantinya bisa menjadi calon konsumen Anda. Cara pendekatan pada pengguna ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Anda bisa mengisi konten fanpage Anda semenarik mungkin untuk membuat teman-teman di Facebook Anda selalu mengantisipasi setiap postingan yang Anda buat. Konten yang menarik ini bisa meliputi pembahasan produk yang Anda tawarkan dengan tampilan yang lebih menarik. Jika tidak, Anda bisa membuat kreasi sendiri dalam membuat konten untuk mempromosikan produk Anda. Semakin unik adan tak biasa konten yang Anda buat, penyebarannya juga akan semakin cepat. Konten yang menarik ini bahkan bisa mengatasi masalah bagi Anda pebisnis pemula dengan anggaran dana yang sedikit dan sumber daya yang terbatas. Dengan menggunakan strategi facebook marketing Anda bahkan tak perlu mengeluarkan dana yang lebih dan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya untuk promosi.

3.    Melakukan branding. Branding ini juga tak kalah penting dalam strategi marketing facebook. Branding akan memudahkan calon pembeli untuk menemukan informasi tentang produk yang Anda tawarkan. Branding yang tepat akan membuat konsumen bisa teringat pada satu produk tertentu.

Banyak sekali strategi marketing yang bisa Anda gunakan dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada. Semoga strategi marketing Facebook ini bisa membantu.

jasa seo di bali

paket jasa web design

web tour travel
jasa toko online

Artikel yang lain

Lihat semuanya