Strategi Pemasaran Website Tour and Travel

Strategi Pemasaran Website Tour and Travel, Cara Promosi Usaha Tour and Travel Mulai Dari Nol

Berikut ini adalah 7 strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel mulai dari nol yang bisa dilakukan sejak pemula:

1.Perencanaan Budgeting Pemasaran Secara Detail dan Bijak

Agar bisa berjalan lancar, semua urusan perlu perencanaan budgeting yang matang. Bagian pertama dan utama dari strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel adalah budgeting. Sebuah perusahaan tour and travel mempunyai musim ramai dan musim sepi. Istilah lainnya adalah low season dan high season. Jadi, persoalan budgeting tidak semudah perusahaan lain yang anggarannya dibagi menjadi 12 bulan. Setiap bulannya bagi pemilik perusahaan tour and travel selalu berbeda. Masing – masing bulan dibagi dalam pekan dan setiap pekan dibagi menjadi hari. Budget saat musim sepi untuk website bisa dinaikkan sehingga peminat traveling tetap stabil. Yang perlu digarisbawahi dalam perencanaan budgeting adalah memetakan pola marketing secara online dengan evaluasi secara berkala.

2.Optimaasi SEO Long Tail Keyword

Sebelum melakukan liburan, banyak calon traveler yang akan membuka website promosi untuk mencari info seputar objek wisata atau suatu daerah tertentu. Pada umumnya, para calon traveler ini akan memanfaatkan search engine. Dengan kata lain, strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel yang kedua adalah mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO).  SEO sangat diperlukan bagi website tour and travel karena koneksi antara calon customer dengan perusahaan dimulai dari search engine. Karena kata kunci yang pendek cenderung lebih umum, maka manfaatkan kata kunci yang panjang agar website bisa keluar. Kata kunci yang panjang akan menghubungkan website dengan customer secara spesifik. Hal ini akan membantu terlacaknya website promosi tour and travel.

3.Bekerjasama Dengan Para Blogger dan Berbagi Konten

Strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel yang ketiga adalah bekerjasama dengan blogger dengan berbagai cara, termasuk berbagi konten. Banyak blogger yang sukses menjadi referensi bagi calon traveler dalam mencari info seputar tempat wisata atau rekomendasi penyedia layanan tour and travel. Kesempatan tersebut jangan disia – siakan. Kerjasama bisa berbayar atau gratis, tergantung dari kesepakatan. Intinya, saat calon traveler membuka blog yang dimiliki rekan akan muncul link untuk membuka website tour and travel, begitu juga sebaliknya. Jadi, hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Jika perlu, bagi juga konten yang menarik seperti foto perjalanan atau panorama yang berasal dari pelanggan lama. Jalankan strategi tersebut untuk promosi dan menciptakan testimoni.

4.Membangun Link Dengan Pelanggan Melalui Berbagai Cara

Ada banyak cara agar hubungan dengan pelanggan yang sudah pernah memanfaatkan jasa layanan tour and travel  lebih akrab. Terutama untuk pelanggan yang berombongan, pelajari apa – apa yang mereka sukai dan tidak sukai. Cara inilah yang sangat ampuh menjadi strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel keempat. Misalnya saja, jika mereka suka foto – foto perjalanannya dipajang di website, maka tidak ada salahnya melakukan hal itu. Siapa tahu, jumlah viewer akan meningkat dari orang – orang terdekat mereka. Selain dari segi eksistensi, biaya dan pelayanan juga menjadi poin utama sebuah perusahaan tour and travel bisa berhasil atau tidak. Jika pelayanan sepadan dengan harga yang masuk akal, maka dijamin pelanggan tidak akan memberikan testimoni buruk.

5.Mengajak Orang Untuk Mereview

Setelah hubungan baik dengan customer terjaga, maka libatkan juga beberapa customer yang aktif dan bisa diajak kerjasama untuk mereview perjalanan bersama tour and travel. Kegiatan ini merupakan bentuk dari strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel yang kelima. Karena website cukup besar andilnya dalam menjadi ladang promosi, maka review yang ditulis dan dicantumkan sebagai post juga akan mempengaruhi tampilan. Apalagi jika customer bersedia membagikan link website yang sudah direviewnya ke sosial media. Pasti akan lebih banyak orang yang membaca dan akhirnya mengerti keunggulan dari perusahaan tour and travel tersebut. Jadi, semakin banyak pelanggan aktif yang mau bekerja sama maka semakin banyak pula viewers di website promo tour and travel.

6.Pilih Kategori Yang Mudah, Jelas dan Representatif

Strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel yang keenam adalah mengkategorikan layanan secara mudah, jelas dan representatif. Layanan tour and travel ada banyak jenisnya. Agar bisa dipetakan oleh calon pelanggan, gunakan kata – kata yang mudah. Jangan memasang istilah traveling di website yang dibaca orang awam. Selain itu, jelaskan pula secara detail layanan apa saja yang akan diperoleh. Dengan demikian, semua hal yang tercantum di website merupakan suatu representasi dari perusahaan tour and travel secara keseluruhan. Misalnya saja perencanaan liburan sesuai anggaran pelanggan. Jelaskan apa saja yang akan mereka peroleh dengan biaya Paket A, Paket B dan seterusnya. Jadi saat memilih pelanggan tidak perlu banyak bertanya karena informasi telah lengkap.

7.Tunjukkan Rasa Peduli dan Perhatian Terhadap Halaman Pemesanan

Sebaiknya, buat halaman pemesanan tersendiri di website promosi tour and travel. Halaman tersebut adalah salah satu bentuk penerapan strategi pemasaran website tour and travel, cara promosi usaha tour and travel yang ketujuh, dimana rasa peduli dan perhatian memang dibutuhkan konsumen produk dan layanan apapun. Jelaskan cara pemesanan dan tampilkan bagaimana akses untuk bertanya tentang apa saja melalui website atau email. Nomor telepon perusahaan juga bisa dicantumkan sebagai wujud kepedulian terhadap keinginan calon pelanggan. Jika isi website jelas, maka tidak akan banyak pertanyaan dan komentar negatif tentang posting.

jasa seo di bali

paket jasa web design

web tour travel
jasa toko online

Artikel yang lain

Lihat semuanya